Hallo sahabat Blogger , Saya Melisya,
Di sini saya ingin berbagi tentang cara mengenal MS Word 2010 untuk Pemula.
Silahkan di simak dan di fahami !!
Pengenalan Paragraph.
Pertama kita akan belajar paragraph dan line spacing.
Paragraph yaitu digunakan untuk membuat artikel atau tulisan yang kita buat pada Microsoft word agar membentuk tulisan yg teratur.
Dalam MS word Ada beberapa paragraph yg bisa kita Pakai, ada paragraph yg bisa membentuk rata kiri, rata kanan, rata tengah, atau rata kiri dan kanan sesuai kebutuhan.
Untuk line spacing yaitu untuk mengatur jarak antar baris tulisan bisa disesuaikan misalnya : 1, 1.5, 2 atau 3
Dalam MS word Ada beberapa paragraph yg bisa kita Pakai, ada paragraph yg bisa membentuk rata kiri, rata kanan, rata tengah, atau rata kiri dan kanan sesuai kebutuhan.
Untuk line spacing yaitu untuk mengatur jarak antar baris tulisan bisa disesuaikan misalnya : 1, 1.5, 2 atau 3
Mari kita pelajari satu persatu.
*Align text left untuk membuat paragraf rata kiri seperti contohnya yaitu sebagai berikut :
Silahkan sobat-sobat copy saja dari salah satu artikel yang ada di blog ini atau artikel lain.
Mengatur paragraf dan spasi |
*Center untuk membuat paragraf menjadi rata tengah, atau membuat judul menjadi rata tengah sesuai pada baris kalimat yang kita select/pilih.
Sebagai contoh kita buat rata tengah pada judulnya :
*Align text right untuk membuat paragraf rata kanan, biasanya digunakan untuk penulisan arab.
*Justisfy untuk membuat paragraf rata kiri kanan, digunakan untuk menghasilkan tulisan yang lebih rapih.
*Line and paragraph spacing
Digunakan untuk mengatur jarak spacing antar baris
Untuk jarak 1,0 maka hasilnya baris antar tulisan akan lebih rapat
Untuk jarak 2,0 maka jarak baris antar tulisan akan lebih longgar.
Lihat gambar !!
Selanjutnya belajar office akan membahas fungsi dari Strikethrough, Subscript dan superscript pada Microsoft Word
1. Strikethrough digunakan untuk membuat garis ditengah-tengah tulisan.
2. Subscript digunakan untuk membuat huruf kecil dibawah huruf atau tulisan. Misalnya digunakan pada penulisan karbon dioksida
3. Superscript digunakan untuk membuat huruf tulisan atau angka kecil diatas, misalnya digunakan untuk menulis derajat celcius.
Strikethrough, Subscript dan superscript |
Hasilnya yaitu sebagai berikut :
CO2 menjadi CO2 >>> Strikethrough
Karbon dioksida = CO2 menjadi CO2 >>>>> Subscript
Sembilan puluh derajat Celcius = 900C menjadi 90oC >>>superscript
Enam pangkat dua = 62 menjadi 62 >>> superscript
Selanjutnya belajar office akan membahas cara formating huruf dengan Bold, Italic dan underline pada Microsoft Word.
Bold digunakan untuk membuat tulisan menjadi tebal
Italic digunakan untuk membuat tulisan dicetak miring
underline digunakan untuk membuat tulisan bergaris bawah
Dan bisa dikombinasikan antara beberapa formating tersebut misalnya pengabungan antara bold italic dan underline maka akan menghasilkan tulisan tebal, decetak miring dan berbgaris bawah.
Bold, Italic dan underline |
Contoh-contoh hasilnya seperti tulisan dibawah ini :
Belajar Microsoft Word 2010 >>> Bold (B)
Belajar Microsoft Word 2010 >>> Italic (I)
Belajar Microsoft Word 2010 >>> underline (U)
Selanjutnya kita belajar cara mengubah jenis dan ukuran (memperbesar atau memperkecil) pada Microsoft Word 2010.
Jadi kita tidak perlu repot-repot lagi mengetik ulang untuk mengubah dari huruf kecil menjadi huruf kapital atau sebaliknya. Seperti contohnya dalam penulisan judul artikel baik dengan menggunakan huruf kapital disetiap awal kata, seluruh kata, hanya diawal kata dsb
Yaitu sebagai berikut :
- Santence case digunakan untuk membuat huruf kapital hanya di awal baris pada kata yang diselect atau dipilih.
- lower case digunakan untuk membuat huruf kecil semua pada setiap kata-kata yang diselect atau dipilih.
- UPPERCASE digunakan untuk membuat huruf besar atau kapital semua pada setiap kata-kata yang diselect atau dipilih.
- Capitelize Each Word digunakan untuk membuat huruf besar atau kapital pada setiap awal kata-kata yang diselect atau dipilih
- tOGGLE cASE digunakan untuk membuat huruf kecil pada setiap awal kata-kata yang diselect atau dipilih
Contohnya yaitu sebagai berikut :
Hasilnya sebagai berikut :
Belajar microsoft word 2010 >>>> Santence case
belajar microsoft word 2010 >>>> lower case
BELAJAR MICROSOFT WORD 2010 >>>> UPPERCASE
Belajar Microsoft Word 2010 >>>> Capitelize Each Word
bELAJAR mICROSOFT wORD 2010 >>>tOGGLE cASE
Selanjutnya kita belajar warnai teks pada Microsoft Word
Text highlight colour digunakan untuk mewarnai teks seperti warna stabilo
Font Colour digunakan untuk mewarnai teksnya.
Clear Formatting digunakan untuk menghilangkan format-format kembali seperti semula atau default.
Jenis Pewarnaan Tesxt Pada Word |
Untuk memilih warna sesuai keinginan klik pada tombol panahnya seperti no 1 dibawah ini
Jika masih ingin mencari warna yang lain lagi klik more colours pada no 2
contoh hasilnya :
Cara Mewarnai teks pada Microsoft Word
Untuk Pemula, pada kali ini akan dibahas juga cara memberikan penomeran atau bullet pada item-item.
Seperti contohnya digunakan ketika membuat soal ujian dsb. Jadi kita tidak perlu repot-repot harus memberi nomer satu persatu gunakan saja numbering langsung saja contohnya sebagai berikut :
Penggunaan bullet yaitu untuk memberikan tanda baik ceklis, kotak, bulat sesuai keinginan pada penyebutan suatu item-item
Penggunaan bullet |
Pengunaan Numbering yaitu untuk memberikan penomoran pada suatu item-item baik menggunakan angka, maupun abjad a, b, c dst
Pengunaan Numbering |
Multilevel list yaitu untuk penomeran atau bulleting pada item yang mempunyai sub-sub.
Caranya pengunaan slect pada semua item yang akan diberi multilevel list kemudian arahkan kursor pada setiap sub-subnya kemudian tekan Tab pada keyboard.
pada Microsoft Word selanjutnya akan dibahas cara menyisipkan SmartArt.
SmartArt yaitu tool yang disediakan pada Microsoft Word untuk mempermudah dalam membuat Grafik kusus seperti contohnya : grafik siklus/cycel, proses, herarcy dsb.
Sebagai contoh berikut akan dijelaskan cara mudah membuat struktur organisasi/herarcy dengan smartArt
Berikut langkah langkahnya :
Klik pada tab insert >> pada panel Illustations kemudian klikSmartArt
SmartArt. |
Selanjutnya akan muncul beberapa bentuk smartArt yang bisa dipilih sesuai kebutuhan >>> Klik atau pilih Heararcy >>> pilih bentuk/polanya >>> klik OK
SmartArt. |
Selanjutnya akan muncul bentuk stukturnya kemudian edit nama-nama bagian struktur organisasi sesuai kebutuhan.
SmartArt. |
Cara menyisipkan Clip Art pada Microsoft Word,
berikut langkah-langkahnya :
Klik pada tab insert >> pada panel Illustations kemudian >> klikClip Art
ClipArt |
Selanjutnya akan muncul kotak tampilan seperti dibawah ini >>> kemudian ketikan gambar yang akan dicari (misal : Computer ) >> klik Go
Akan muncul gambar clipart yang akan ditampilkan pilih sesuai kebutuhan dan keinginan, kemudian double klik.
ClipArt |
Cara membuat columns.
Columns yaitu digunakan untuk membagi text menjadi beberapa bagian kolom yang biasanya kita lihat pada penulisan koran, majalah dan media cetak lainnya.
Berikut langkah-langkah dalam menggunakan Columns :
1. Sebelum membuat columns sebaiknya setelah semua artikel telah selesai ditulis, sehingga kita bisa seleksi text yang akan dibuat kolom dengan mudah.
Page Setup kemudian>>> Columns
3. Klik tanda panah kebawah akan muncul beberapa pilihan : One (satu), dua, tiga kolom dst.
4. Klik salah satu misalnya Two (dua kolom) Maka hasilnya seperti contoh berikut :
5. Jika ingin membuat kolom sesuai kreasi sendiri bisa klik More Coloums
ket :
Presets :
Membuat jumlah kolom sesuai keinginan satu, dua, tiga.
Left yaitu membuat format kolom dengan dengan bagian kiri lebih kecil
Right yaitu membuat format kolom dengan dengan bagian kanan lebih kecil
Number of columns : Menentukan jumlah kolomWidth and spacing : Mengatur lebar kolom masing sesuai keinginan sebelumnya uncek equal column Widht.
Sekian Sharing saya tentang Beberapa Caracter dalam MS word untuk kali ini.
Untuk belajar MS word, sangat di butuhkan ketekunan dan kesabaran.
Perlu kita ketahui, untuk perbaharuan Windows bisa memungkinkan Perubahan dalam belajar Totorial MS word.
Selamat belajar
Dan
Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar