Tampilan Documen Microsoft Word.
1. Office Button
New = Membuat file dokumen yang baru (Blank dokumen)
Open = Membuka file dokumen yang sudah tersimpan
Save = Menyimpan file dokumen yang aktif
Save As = Menyimpan file dokumen ke dalam format dan berkas tertentu.
Print = Mencetak file dokumen yang sedang aktif
Prepare = Melakukan properti khusus terhadap file dokumen yang aktif
Send = Mengirimkan file dokumen yang aktif melalui email / faksimile.
Publish = Menerbitkan dokumen yang aktif ke website / blog / dll
Close = Mengakhiri file dokumen
2. Tab Home
2.1. Group Clipboard
Paste = Menempelkan hasil copy atau cut.
Cut = Memotong teks/objek terpilih.
Coppy = Menggandakan teks/objek terpilih.
Format Painter = Meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya
* Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.
2.2. Group Font
Font = Memilih jenis huruf.
Font Size = Mengatur ukuran huruf.
Grow Font = Memperbesar ukuran huruf secara instan
Shrink Font = Memperkecil ukuran huruf secara instan
Change Case = Mengubah status huruf kapital/huruf kecil
Clear Formating = Menghapus pemformatan teks terpilih
Bold = Menebalkan teks terpilih
Italic = Memiringkan Teks terpilih
Underline = Memberikan garis bawah pada teks terpilih
StrikeThrough = Memberikan tanda coret padateks terpilih
SubScript = Membuat tulisan kecil di bawah teks
SuperScript = Mengetik karakter pemangkatan
Text Effect = Memberikan efek artistik pada teks terpilih
Text Highlight Color = Memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
Font Color = Mengatur warna teks terpilih
2.3. Group Paragraph
Bullets = Memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
Numbering = Memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
Decrease Indent = Menggeser baris kedua paragraf ke kiri
Increase Indent = Menggeser baris kedua paragraf ke kanan
Left-To-Right = Menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
Right-To-Left = Menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
Sort = Menyortir data
Show Paragraph Marks = Menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
Align Text Left = Mengatur teks rata kiri
Center = Mengatur teks rata tengah
Align Text Right = Mengatur teks rata kanan
Justify = Mengatur teks rata kanan-kiri
Line Spacing = Mengatur jarak antar baris teks
Shading = Mengatur warna latar teks terpilih
Border = Memberikan garis tepi pada teks terpilih.
2.4. Group Style
Heading Style = berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
Change Style = berisi pilihan pengaturan tema paragraf
2.5. Group Editing
Find = Mencari kata tertentu berdasarkan kata kunci tertentu dalam suatu file dokumen.
Replace = Mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file dokumen.
Select = Memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file dokumen.
3. Tab Insert
3.1. Group Page
Cover Page = Menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
Blank Page = Mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file dokumen.
Break Page = Memisah suatu halaman file dokumen
3.2. Group Table
Insert Table = Menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table
Draw Table = Menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen
Convert Text to table = Menjadikan teks terpilih berada dalam tabel
Excel SpreadSheet = Menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel
Quick Tables = Menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya pada dokumen.
3.3. Group Illustrations
Picture = Menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer
Clip Art = Menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program
Shapes = Menyisipkan objek gambar autoshape
SmartArt = Menyisipkan gambar dalam bentuk organization
Chart = Menyisipkan diagram
3.4. Group Links
Hyperlink = Menautkan teks / objek terpilih dengan file lain
Bookmark = Membuat penanda buku
Cross-Reference = Membuat referensi antar file
3.5. Group Header & Footer
Header = Mengatur kepala halaman suatu file
Footer = Melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file
Page Number = Melakukan setting terhadap homor halaman
3.6. Group Text
Text Box = Menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks
Quick Parts = Mengatur teks otomatis dll
WordArt = Menyisipkan teks bergaya artistik
Drop Cap = Menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf
Signature LIne = Menyisipkan tanda tangan digital
Date & Time = menyisipkan tanggal dan waktu terkini
Object = menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded)
3.7. Group Symbols
Equation = menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematik
Symbol = menyisipkan karakter khusus
4. Tab Page Layout
4.1. Group Themes
Themes = emilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya
Color = mengatur warna tema halaman
Fonts = mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif
Effect = mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen
4.2. Group Page Setup
Margins = mengatur batas teks di halaman dokumen
Orientation = mengatur posisi kertas
Size = untuk mengatur ukuran halaman
Collumn = mengatur jumlah kolom teks
Breaks = mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks
Line Number = mengatur kontinuitas nomor baris teks
Hypenation = memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis
4.3. Group Page Background
Watermark = memberikan efek tanda air di belakang teks
Page Color = mengatur warna latar halaman
Page Borders = mengatur garis tepi halaman
4.4. Group Paragraph
Indent = mengatur batas teks
Spacing = mengatur jarak antar paragraf
4.5. Group Arrange
Position = mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
Wrap Text = mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks
Bring Forward = memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
Send Backward = mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
Selection Pane = menampilkan panel navigasi objek
Align = mengatur posisi objek lepas
Group = mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
Rotate = memutar, dan membalik suatu objek terpilih
5. Tab References
5.1. Group Teble Of Contents
Table of Contents = pengelolaan daftar isi
Add Text = mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat
Update Table = untuk memperbarui daftar isi
5.2. Group Footnotes
Insert Footnote = menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer)
Endnote = menyisipkan catatan di akhir bab
Next Footnote = memantau footnote dan endnote
Show Note = emperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote
5.3. Group Citations & Bibliography
Insert Citations = untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif
Icon Manage = mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen
Style = memilih bentuk bibliography yang diinginkan
Bibliography = menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif
5.4. Group Citations
Insert Captions = membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan
Insert Table of Figure = menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen
Update Table = melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar
Cross-Reference = berfungsi untuk menyisipkan referensi silang
5.5. Group Index
Mark Entry = menandai masukan baru dalam dokumen
Insert Index = menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen
Update Index = memperbarui daftar indeks terkini
5.6. Group Table of Authorities
Mark Citations = menandai masukan baru dalam dokumen
Insert Table of Authorities = berfungsi untuk menyisipkan tabel sumber kutipan, sumber undang-undang atau konstitusi
Update Table = melakukan pembaruan terhadap kutipan pada tabel.
Sekian, semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar